Senin, 18 Oktober 2010

Sana Sini Hepi

Sana Sini Hepi


Life For Smile

Posted: 17 Oct 2010 05:12 PM PDT

A little discussion in the classroom, consisting of several young children and still has not been contaminated by pure dust usury. A question came out, "What will happen if all the people in this world is given by Allah SWT one kilogram of gold per person? Those with a questioning and feel weird answering "Guns are going to want to work there", "there are guns going to be a sweeper," "there are guns going to be a driver" but there's one smart answer is, the price of gold will be down and gold will no longer valuable. "Smart", I say.
The second question, "What will happen if God made all people on earth to S-3 all?" There are many answers, "all people so clever", "all will be a professor", which certainly will not be as expensive as the price of this education, perhaps even science so cheaply so that people do not feel honored when the title S-3 again, because a sweeper was titled S-3.
(Husnul Yanwar: eramuslim)
More appropriate joke I say this pearls scattered in a collection of articles a friend. In fact, perhaps the friend himself had never read it or not, why? Because writing was hiding in a small folder in berektensi txt file, a file that does not seem pleasant to read.
But no matter the file or source. Its very interesting to us refer to is how valuable lessons from these discussions. Yes, these discussions opened my mind and may be biased open mind my friend, too, that, how valuable we are. Even if we still feel worthless, at least we made the existence of others worthwhile. Degree of an employer that would not bias carried by a rich, when washing dishes, fruit waste, ngepel, washing clothes, shopping the market, until bersihin toilet, done alone. In contrast to a fairly wealthy, but has nine maids, cooks, gardeners, child care workers, carpenters night watch, a masseuse, carpenters shuttle, grammar home builders, carpenters benerin house, till the artisans keep the body (bumpers) aka bodyguard . Master's degree in clothing, because the presence of an attendant.
How can a teacher, religious teachers, scholars, professors president, or the titles of honor to another? Graduated School of Teacher Education (SPG), he was destined to live with living as a painter, anywhere where no one has called him teacher. But, kang jana, only a sma graduate, had never been to college, immediately became a volunteer at the elementary school, he obtained his teacher immediately. The presence of a student in the life of jana-gang, making him worthy of the title of a teacher. Ustad without students, scholars without a congregation, a professor without students, the president without the people, in countries where it is located?
So if the left-right bias hockey was enjoyed by everyone, small large, rich poor, the stupid is smart, can be accepted not ya? Kerbadaan us as anything, what's the title, it did not hinder us to say, we deserve happiness, deserves thanks and enjoy this life with a smile.

Bookmark and Share

Minggu, 17 Oktober 2010

Life For Smile

Sebuah diskusi kecil di dalam ruang kelas, terdiri atas beberapa anak-anak muda dan masih murni belum terkotori oleh debu-debu ribawi. Sebuah pertanyaan terlontar, “Apa jadinya bila seluruh orang yang ada di dunia ini diberikan oleh Allah SWT satu kilogram emas perorang?

Mereka dengan penuh tanda tanya dan merasa aneh menjawab “Ngga bakalan ada yang mau kerja”, “ngga bakalan ada yang jadi tukang sapu”, “ngga bakalan ada yang jadi sopir” tetapi ada satu jawaban smart yaitu, harga emas akan menjadi turun dan emas tidak akan berharga lagi. "Smart", saya bilang.
Pertanyaan kedua, “Apa jadinya bila Allah menjadikan semua orang dimuka bumi menjadi S-3 semua?” Ada banyak jawaban, “semua orang jadi pinter”, “semua akan jadi professor”, yang pasti harga pendidikan tidak akan semahal ini, bahkan boleh jadi ilmu begitu murahnya sehingga orang tidak merasa terhormat bila menyandang gelar S-3 lagi, karena tukang sapu pun bergelar S-3.
(Husnul Yanwar:eramuslim)
Guyonan yang lebih tepat saya katakan mutiara ini tercecer dalam kumpulan artikel seorang teman. Malah, mungkin sang teman sendiri  tak pernah atau belum membacanya, kenapa? Karena tulisan itu bersembunyi di dalam folder kecil dalam file berektensi txt, sebuah file yang sepertinya tak sedap untuk dibaca.
Tapi bukan masalah filenya atau sumbernya. Yang sangat menarik untuk kita simak adalah betapa berharganya pelajaran dari diskusi tersebut. Ya, diskusi ini membuka pikiran saya dan mungkin bias membuka pikiran sobat juga, bahwa, betapa berharganya kita. Kalaupun kita masih merasa tak berharga, setidaknya keberadaan kita menjadikan orang lain berharga. Gelar seorang majikan itu takkan bias disandang oleh seorang kaya raya, manakala cuci piring, buah sampah, ngepel, cuci baju, belanja ke pasar, sampe bersihin toilet, dilakukan sendiri. Berbeda dengan seorang yang cukup kaya, tapi memiliki Sembilan pembantu, tukang masak, tukang kebun, tukang asuh anak, tukang jaga malam, tukang pijit, tukang antar jemput, tukang tata rumah, tukang benerin rumah, sampe tukang jaga badan (bemper) alias bodyguard. Gelar majikan di sandang, karena keberadaan seorang pembantu.
Bagaimana seorang guru, ustad, ulama, dosen presiden, atau gelar-gelar kehormatan yang lain? Lulusan Sekolah pendidikan Guru (SPG), dia ditakdirkan hidup dengan berprofesi sebagai tukang cat, kemana mana tak seorangpun yang memanggilnya pak guru. Tapi, kang jana, hanya seorang lulusan sma, belum pernah kuliah, langsung jadi sukwan di sebuah SD, gelar guru langsung ia peroleh. Kehadiran seorang murid dalam kehidupan kang jana, membuatnya layak menyandang gelar seorang guru. Ustad tanpa santri, ulama tanpa umat, dosen tanpa mahasiswa, presiden tanpa rakyat, di negeri mana itu berada?
Jadi kalau kanan kiri hoki itu bias dinikmati oleh semua orang, yang kecil yang besar, yang kaya yang miskin, yang bodoh yang pinter, bias diterima nggak ya? Kerbadaan kita sebagai apa, menyandang gelar apa, ternyata tak menghalangi kita untuk berkata, kita layak bahagia, pantas bersyukur dan menikmati hidup ini dengan senyum.

Sana Sini Hepi

Sana Sini Hepi


The secret of successful presentations

Posted: 17 Oct 2010 06:51 AM PDT

Whatever business you are doing, always start with the promotion. And promotion of not only just words, but also with appearance. Elegant appearance is a picture of your business that is being offered. Each person will assess the performance before considering the quality of the product. The waiter was friendly, with an elegant tie, hair well arranged, neat shirts and of course a polite word, will build a corporate image. For those of you who are interested in trendy and elegant appearance, can visit click here. Success always.

Bookmark and Share

Wonderful holiday with virgin islands

Posted: 16 Oct 2010 03:40 PM PDT


Make a holiday with your lover in this year more memorable. Visit a place you've never seen. Enjoy the natural beauty, friendly service, comfortable place and of course means complete.
Cottages, Beach Resort, Asian restaurants and other facilities here. Enjoy and feel the cool air freshness and beauty of Bantayan Island.


Bookmark and Share

Sabtu, 16 Oktober 2010

Sana Sini Hepi

Sana Sini Hepi


Do not be insecure

Posted: 16 Oct 2010 02:29 PM PDT

Minder (in indonesia). Or the people sono call with Inferior. Not much different alias something like the same nature fear (timidity), feelings of shame (Shyness), loss of confidence (diffidence), or felt himself low, or even humbled himself.
These feelings tend to always assume the other oorang have more value than in himself. People also usually be insecure egocentric, positioning itself as a victim, do not feel satisfied with himself, self-pity and give up easily.
In fact, there is also a typical human if it is minder minded cracker aka weak. More likely too than the ability to appreciate others will himself. Who dwells in the brain is not far from fear, anxiety, misgivings, although only a trivial  with a froblem. As a result, the brain becomes increasingly dull and unable to explore ourselves and not be able creat her abilities. But, whether it is minder that bad? Is not there at all the good and the advantages of a word Minder?
Simak
Baca secara fonetik
Bookmark and Share

Enjoy the holidays with baby

Posted: 16 Oct 2010 02:22 PM PDT

Vacation will soon arrive. Missing seemed to enjoy the days without any office tasks and problems that are difficult. Apart from debt problems, the report until the dispute. Well, the holidays this year should be used to decree anything memorable. Do not want to miss even a day. I have to take the kids to go far from home, of course accompanied by his beloved wife.
'The white' favorite bike I'll take with the family down the beauty of Sumedang.

Bookmark and Share

Minggu, 10 Oktober 2010

Sana Sini Hepi

Sana Sini Hepi


The Power Of Minder

Posted: 10 Oct 2010 06:36 AM PDT

Kalo selama ini sahabat selalu dihantui rasa kurang, (kurang cantik, kurang ganteng, kurang pinter atau kurang kaya atau apapun yang namanya kekurangan). Atau sobat merasa tidak pantas, tidak pantas bersanding dengan si pulan, tidak pantas menjabat sebagai anu, tak pantas kerja di anu, tak pantas juara. Atau juga selalu merasa tidak mungkin, tidak mungin sukses, tidak mungkin bisa, tidak mungkin mampu dan yang satu spesies dengan itu, konon sobat udah terjangkit virus "M1NDER".

Lho kok virus? Iya! Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Itu dunia biologi, nah kalau dunia komputer virus adalah merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Satu gelar buat sesuatu bernama virus adalah berbahaya.
Virus dalam tubuh menimbulkan penyakit, bikin badan ngedrop bahkan sampai walkout (pergi meninggalkan dunia ini). Kalau beranak vinak atau beraksi dalam komputer virus bisa bikin data kacau atau komputer ngeHANG. Dan kalau rasa minder bergelayutan dalam kehidupan kita, bikin kita mati langkah. Cenah.
Minder. Melongok kamus bahasa indonesia artinya rendah diri. Merasa diri rendah yang bikin seseorang merasa serba tak bisa dan takut mencoba. Ini beda jauh dengan tawadhu. Menurut Ustadz Abu Usamah, Tawadhu adalah ketundukan kepada kebenaran dan menerimanya dari siapapun datangnya baik ketika suka atau dalam keadaan marah. Artinya, janganlah kamu memandang dirimu berada di atas semua orang. Atau engkau menganggap semua orang membutuhkan dirimu. Silahkan sobat cerna. Di mana bedanya. Tapi stop, kita nggak mau ngomongin apa itu minder, apa itu tawadhu. Yang mau kita omongin adalah, bagaimana, sebuah kata minder itu bisa jadi sebuah kekuatan melebihi kata PEDE. Bisa? Coba saja.


Bookmark and Share

10 SAUDARA-SAUDARA IBLIS

Posted: 09 Oct 2010 04:20 PM PDT

Ø Pemimpin yang tidak bisa menjaga amanah
Ø Orang yang sombong
Ø Orag kaya yang tidak tahu darimana dia memperoleh harta dan untuk apa hartanya dimanfaatkan
Ø Orang alim (ulama') yang membenarkan penguasa dholim
Ø Pedagang yang curang
Ø Orang yang suka menimbun harta
Ø Orang yang berzina
Ø Orang yang suka memakan harta riba' (rentenir)
Ø Orang kikir yang tidak mau menginfaqkan hartanya
Ø Orang yang suka minum arak
Nashoihulibad

7 HAL YANG DAPAT MENERANGI ALAM KUBUR :

Posted: 09 Oct 2010 04:15 PM PDT

1. Ikhlas dalam beribadah
2. Berbakti kepada ibu dan bapak
3. Mempererat tali silaturahmi
4. Tidak menyia-nyiakan usia dalam kemaksiatan
5. Tidak mengikuti kehendak hawa nafsu
6. Bersungguh-sungguh dalam taat
7. Memperbanyak dzikir kepada Allah

Sumber : Nashoihul Ibad

20 CIRI-CIRI MANUSIA YANG DIMUSUHI IBLIS

Posted: 09 Oct 2010 04:06 PM PDT

v Nabi Muhammad SAW

v Orang berilmu dan mengamalkannya

v Orang yang memahami Al-Qur'an dan mengamalkannya

v Muadzin (orang yang adzan) dalam sholat 5 waktu dengan niat karena Allah

v Orang yang menyayangi fakir miskin dan anak yatim

v Orang yang mempunyai hati penuh kasih sayang
v Orang yang berpegang teguh pada kebenaran
v Orang yang taat pada Allah
v Orang yang hanya makan barang yang halal
v Dua orang pemuda-pemudi yang saling mencintai karena Allah
v Orang yang selalu membiasakan sholat jamaah
v Orang yang gemar sholat tahajud disaat orang lelap tidur
v Orang yang senantiasa menjaga diri dari perbuatan haram
v Orang yang menasehati orang lain tanpa pamrih
v Orang yang selalu menjaga wudlunya
v Orang yang ringan tangan membantu orang lain (dermawan)
v Orang yang mempunyai akhlak mulia
v Orang yang mempunyai keyakinan kuat bahwa Allah penjamin dirinya
v Orang yang berbuat kebajikan kepada para janda
v Orang yang mempersiapkan kematian dengan bekal amal kebaikan

Sumber : Nashoihul Ibad


Bookmark and Share

Sabtu, 09 Oktober 2010

Activate your Email Subscription to: Sana Sini Hepi

Hello there,

You recently requested an email subscription to Sana Sini Hepi. We can't
wait to send the updates you want via email, so please click the following
link to activate your subscription immediately:

http://feedburner.google.com/fb/a/mailconfirm?k=cfqChCqqjsJBsDcXzk8LHiA4XAQ

(If the link above does not appear clickable or does not open a browser
window when you click it, copy it and paste it into your web browser's
Location bar.)

As soon as your subscription is active, FeedBurner will send a daily email
message if Sana Sini Hepi has new content.

If you did not request this subscription, or no longer wish to activate it,
take no action. Simply delete this message and that will be the end of it.

Cheers,

Sana Sini Hepi

Selasa, 28 September 2010

penulis muda: Assalamu'alaikum Pak Ustad yang terhormat Apa huk

Judul Blog*: Hukum Chatting dengan Non Mahram

Entri dari*: dan

Gambar: kudung.jpg

Isi Blog*: Assalamu'alaikum Pak Ustad yang terhormat

Apa hukumnya chatting (ngobrol online) dengan lawan jenis yg bukan mahram? Apakah boleh, tidak baik atau malah diharamkan? Tolong dijelaskan

Terimakasih,

Rachman A.

rachman
Jawaban

Walaikumusalam Wr Wb

Saudara Rahman yang dirahmati Allah swt

Apabila chatting diantara mereka berdua sesuai dengan patokan-patokan syariah maka hal itu tidaklah masalah. Patokan-patokan itu adalah ;

1. Chatting itu berisi tentang menampakkan yang hak (kebenaran) dan memabatalkan yang batil.

2. Chatting itu berisi tentang pengajaran ilmu, firman Allah swt :

فَاسْأَلُواْ أَهْلَ الذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

Artinya : "Maka Tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui." (QS. Al Anbiya : 7)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim." (dishahihkan al Albani dari Anas, Ali dan Abi Said radhiyallahu anhum)

3. Kedua orang yang berbincang-bincang itu tidaklah mengeluarkan obrolannya itu dari area adab-adab islam didalam penggunaan lafazh-lafazh, memilih ungkapan-ungkapan yang tidak meragukan dan tidak kotor yang dibenci sebagaimana yang banyak digunakan oleh para pengumbar hawa nafsu.

4. Chatting itu bukan yang membawa kemudharatan bagi islam dan kaum musliimin akan tetapi justru yang dapat memberikan bantuan bagi mereka untuk belajar agama mereka melalui saluran baru sebagaimana orang-orang kafir membelanjakan waktu-waktu mereka untuk penyebaran kebatilan. Sesungguhnya seorang muslim membelanjakan setiap potensinya dijalan penyebaran keutamaan, kebaikan dan kebenaran.

5. Hendaklah antara kedua orang yang melakukan chatting itu bisa dipercaya untuk tetap berada diatas kebenaran dan tidaklah salah satu dari keduanya memenangkan dirinya karena hal itu dapat mengaburkan berbagai hakikat dan menunggangi hawa nafsu, naudzu billah itu semua tergolong dalam kejahatan jiwa amaroh bissuu' (jiwa yang menyuruh kepada kejahatan)

6. Hendaklah obrolan itu di ruang public yang bisa diikuti pula oleh banyak orang yang lain dan obrolan itu bukanlah obrolan khusus antara seorang pria dan wanita yang tidak disaksikan oleh selain mereka berdua karena ini termasuk salah satu pintu fitnah. Dan jika patokan-patokann tersebut terpenuhi meskipun tidak disaksikan dan ia bukanlah pembicaraan langsung maka tidaklah mengapa meski yang paling utama adalah tidak melakukannya sebagai sebuah tindakan preventif karena terkadang perbuatan itu bisa menjerumuskan seseorang kedala perbuatan yang diharamkan. Sesungguhnya setan mengalir di tubuh anusia lewat aliran darah. (Markaz al Fatw No. 1759)

Dengan demikian jika chatting dilakukan diantara dua orang berlainan jenis yang bukan mahramnya tidak memenuhi patokan-patokan syar'i diatas maka hendaklah dihindari karena hal itu bisa menjerumuskannya kepada perbuatan yang diharamkan.

Tidak jarang bermula dari sebatas orbolan biasa, kemudian menjadi obrolan yang bersifat pribadi hingga lebih pribadi lagi (berpacaran) tidak terkecuali apakah dia seorang yang masih bujangan atau telah menikah hingga terjadi perselingkuhan dan perzinahan—naudzu billah—dan setan pun tertawa lebar-lebar.

Wallahu A'lam

Sumber: http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/chatting-dengan-nonmahram.htm


Powered by EmailMeForm http://www.emailmeform.com/

Selasa, 05 Januari 2010

Prinsip Sang Birokrat

Hari ini kembali saya bertemu dengannya. Seorang pensiunan yang bangga akan idealisme yang dimilikinya. Sebuah pilihan berat yang menurutnya ringan. Sebuah pilihan yang sedikit sekali dilakukan oleh seorang birokrat. Yah, memilih menjadi seorang idealis. Hidup di alam kungkungan kata "Pura-pura Suci".
Pada pertemuan kali ini bercerita banyak. Termasuk tentang dirinya. Apa?
 Yap! ia yang dengan bangga berkata. "Saya seorang birokrat yang jujur. Tidak suka menyuap. Tidak suka disuap.
Dan Dia bersyukur. Di Usia tuanya dia masih berkiprah di dunia pendidikan sebagai dosen. Dengan aktivitas yang padat. Badan yang masih tegap. Semangat yang tinggi. Disiplin. Tegas.
Dia berkata, "Sungguh saya bersyukur! mempertahankan idelisme kejujuran dalam menjalankan amanah. Karena dulu saya sering kali mempertaruhkan jabatan untuk menolak perintah tercela. Kini saya menikmati lezat kenikmatan di usia tua. Sedangkan teman-teman yang lain, mereka hidup dalam pesakitan, ada yang lumpuh, kepayahan, pikun, sebagian lagi hidup dalam kesusahan.
Sungguh. Takkan pernah ada penyesalan ketika kita menjalani kehidupan dengan ketulusan dan kejujuran.
Satu hal yang dia tekankan; jangan pernah membeli jabatan. Karena itu akan membelenggu kita. Jangan pernah menipu diri sendiri, karena itu akan membuat kita tak takut untuk menipu orang lain.
Banyak nasihat. Akan dilanjutlkan lagi.. suatu saat.. semoga 

Jumat, 20 November 2009

Surat Terbuka untuk Calon Ahli surga

Maaf. Tulisan ini hanya ditujukan bagi wanita "cantik". Wanita idola. Wanita yang tampil mempesona. Dan wanita yang benar-benar merasa dirinya wanita. Atau juga buat seorang suami yang beristri cantik. Memiliki seorang adik atau kakak yang cantik. Atau buat guru yang saban hari bertemu dan bertatap muka dengan murid/siswinya yang cantik.  Baca tulisan hasil copas ini dengan hati yang lapang agar tak ada perasaan merasa di pecundangi. Mereka melakukannya dengan penuh cinta.... insyaAllah.


Surat Terbuka untuk Calon Ahli surga
Yang Akhlaq Mereka Dicemburui Bidadari



Buat Saudariku
yang dirahmati oleh Allah


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ukhti yang baik,

Kecantikan adalah anugerah. Senyum manis adalah berkah. Sungguh karunia dari Allah bahwa wanita diciptakan memiliki kecantikan yang sangat mempesona. Dan kecantikan itulah yang akan menjadi jalannya menuju surga, jika ia mampu membarenginya dengan akhlaq yang mulia.

Rasulullah menjelaskan bahwa di antara fitrah lelaki adalah menyukai kecantikan wanita. Bahkan ‘Aisyah yang merupakan salah seorang shahabiyah paling pandai di masa itu, terkenal pula karena kecantikannya. Rasulullah menjulukinya Humaira`: Gadis yang pipinya merona merah.

Dan karena kecantikannya itu, wanita dapat mengumpulkan pahala yang sebesar-besarnya dari Allah. Caranya? Bersyukurlah atas nikmat yang Allah berikan itu dan pandailah menjaga diri. Rasulullah mengajarkan cara bersyukur itu dengan membiasakan diri membaca do’a tatkala bercermin:



اللَّهُمَّ كّمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Yang maknanya, “Ya Allah… Sebagaimana Engkau telah mengelokkan parasku, elokkan pulalah akhlaqku…”

Ukhti yang dijaga oleh Allah…

Tak ada yang salah dengan kecantikan, karena, seperti kata pepatah, kecantikan bukanlah suatu dosa. Tapi sungguh itu tak berarti bahwa setiap wajah yang cantik berhak dijadikan barang tontonan. Kami kaum pria sangat bersedih karena sekarang ini banyak di antara kawan-kawan Ukhti yang gemar memajang wajah cantik mereka di profil Facebook. Juga di blog-blog yang katanya pribadi, tapi nyatanya dapat diakses oleh siapapun.

Ini adalah satu hal yang sangat marak belakangan ini. Satu hal yang dianggap lumrah, sehingga para gadis berjilbab itu memasang pose-pose mereka di foto-foto yang kian hari kian bertambah jumlahnya. Seakan nama saja sudah tidak cukup.

Mohon Ukhti tanyakan pada mereka, apa sesungguhnya tujuan mereka memajang foto tersebut di tempat-tempat publik? Yakni foto dengan gaya yang menggoda serta senyum yang memikat!

Jika tujuan berjilbab itu adalah agar menutupi aurat dan terhindar dari pandangan-pandangan jahat, apakah itu pula yang menjadi tujuan mereka saat bergaya di depan kamera dan memamerkannya pada setiap orang?

Jika berjilbab itu tujuannya adalah mencari ridho Allah, apakah tujuan memperlihatkan foto-foto itupun adalah ridho Allah? Apakah betul Allah akan ridho pada wanita yang melakukan hal itu?

Ukhti yang baik,

Kami kaum pria sangat bersedih menghadapi fenomena ini. Mengapa? Karena mungkin saja di antara gadis-gadis yang fotonya tersebar di seantero jagad ini adalah istri atau calon istri kami. Apakah mereka tidak tahu bahwa foto mereka tersimpan dalam komputer puluhan, ratusan atau bahkan mungkin jutaan pria lain yang tidak berhak? Yang mungkin saja dijadikan sarana oleh para pendosa sebagai ajang bermaksiat? Apakah mereka mengijinkan pria-pria selain suami mereka itu menyimpan foto-foto tersebut?

Ukhti,

Kami kaum pria sangat bersedih mendapati semua ini. Mengapa? Karena mungkin saja di antara foto yang tersebar luas itu adalah ibu atau calon ibu kami, yang seharusnya menunjukkan caranya menjaga diri, bukan dengan menunjukkan hal-hal yang seharusnya disembunyikan…

Kami kaum pria sangat bersedih menyaksikan semua ini. Mengapa? Karena mungkin saja di antara foto yang tersebar luas itu adalah guru atau calon guru kami, yang seharusnya mendidik dan mengajarkan Al Qur’an serta akhlaqul karimah kepada kami.

Apakah semua ini akan dibiarkan begitu saja tanpa ada penyelesaian? Tanpa ada seorangpun yang berani menegur serta mengingatkannya, memberitahukan bahwa itu adalah sebuah kesalahan? Atau harus menunggu tangan-tangan jahat memanfaatkannya untuk merusak harga diri dan menyebarkan aib yang seharusnya ditutup rapat-rapat?

Ukhti yang baik…

Jazakillah khairan… Terima kasih banyak karena Ukhti tetap pandai menjaga diri dari sekecil apapun celah-celah kealpaan. Tapi tolong sampaikan pula pada kawan-kawan Ukhti, agar merekapun mengikuti jejak ukhti dengan menghapus foto-foto mereka dari Facebook dan blog-blog mereka. Sampaikanlah pada mereka agar menahan diri dari keinginan menunjukkan eksistensi diri di hadapan pria yang tidak berhak.

Jika mereka ingin menunjukkan kepada orang-orang bahwa mereka cantik, cukuplah tunjukkan pada suami mereka saja. Atau orang tua dan anak-anak mereka saja. Karena Allah Maha Tahu segala sesuatu. Jika mereka membutuhkan sanjungan atas kecantikan yang telah dianugerahkan Allah pada mereka, biarlah Allah saja yang menyanjungnya, dengan balasan berlipat-lipat ganda di hari akhirat kelak.

Dan jika mereka ingin kecantikan mereka dikagumi, biarkanlah suami mereka saja yang mengagumi, lalu memberikannya sejuta hadiah cinta yang tidak akan pernah ada bandingnya…

Sementara kami, kaum pria yang tidak atau belum berhak atas itu semua, biarlah asyik masyuk tenggelam dalam do’a, agar dianugerahi istri yang cantik dan shalehah, ibu yang baik dan bersahaja, guru yang taat dan menjaga martabatnya…

Agar Allah mengumpulkan kita kelak di surgaNya. Meraih ridho dan ampunanNya serta dihindarkan dari adzab neraka…

Atas perhatian dari Ukhti, saya ucapkan jazakillah khairal jaza…


والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Salam Hormat,
rickyfirman

Rabu, 18 November 2009

Generasi Dajjal Penikmat "Film 2012"

Promosi Dajjal Di Balik Film 2012
 

Benarlah Ahmad Thomson ketika di dalam bukunya yang berjudul Dajjal – The AntiChrist mengatakan bahwa dunia yang sedang kita jalani dewasa ini –terutama sejak hampir satu abad yang lalu- telah menjadi sebuah Sistem Dajjal. Peradaban dunia semenjak raibnya sistem Islam yang bernama Khilafah Islamiyyah telah perlahan namun pasti mengarah dan membentuk diri menjadi sebuah peradaban yang sarat dengan Dajjalic Values. Kian hari kian nyata bahwa nilai-nilai Ilahi yang suci dan mulia secara sistematis mengalami marginalisasi alias penghapusan.

Sedemikian hegemoniknya sistem Dajjal sehingga menurut Ahmad Thomson bilamana dalam waktu dekat si oknum Dajjal muncul ke tengah umat manusia, maka ia akan segera dinobatkan menjadi pemimpin sistem tersebut. Sebab sistem yang dibangun dengan sebutan Novus Ordo Seclorum (the New World Order) ini sangat compatible dengan karakteristik oknum Dajjal. Berbagai lini kehidupan telah dirancang dan dibentuk agar cocok dengan the arrival of the AntiChrist (kedatangan Dajjal). Segenap lini kehidupan manusia yang mencakup ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, militer, pertahanan-keamanan, pendidikan dan hukum dijauhkan dari dienullah alias nilai-nilai Islam. Bahkan aspek entertainment-pun diarahkan untuk menyambut kedatangan Dajjal.

Oleh karenanya saudaraku, waspadailah berbagai filem yang dewasa ini menjadi primadona bentuk hiburan di abad modern. Salah satunya ialah filem box office yang dewasa ini sedang menyedot perhatian sebagian besar penduduk planet bumi, yaitu filem berjudul 2012. Apa sesungguhnya masalah filem ini?

Pertama, filem ini ingin mengkondisikan umat manusia untuk meyakini bahwa the end of time atau apocolypse atau –katakanlah- hari Kiamat bakal terjadi pada tanggal tertentu yang sudah bisa diprediksi, yaitu tanggal 21 desember tahun 2012. Ini merupakan suatu ramalan yang sangat berbahaya dari sudut pandang aqidah Islam. Mengapa? Karena Islam mengajarkan setiap kita untuk menyadari bahwa hanya Allah saja yang tahu kapan persisnya hari Kiamat bakal terjadi. Bahkan Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam juga tidak tahu kapan persisnya hari Kiamat.

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي
 لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
 لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا
 قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

”Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (QS Al-A’raaf ayat 187)

Satu-satunya isyarat soal jadwal hari Kiamat dari Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam hanyalah bahwa ia bakal terjadi pada hari Jumat. Namun jumat tanggal, bulan dan tahun berapa?  Wallahu a’lam. Hanya Allah Yang Maha Tahu. Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda:
وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ
“Dan tidak akan terjadi hari Kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim)

Maka barangsiapa yang sesudah maupun sebelum menonton filem ini meyakini bahwa hari Kiamat  pasti bakal terjadi pada tanggal 21 desember tahun 2012, berarti ia telah mempertaruhkan eksistensi aqidahnya. Sebab seorang muslim senantiasa meyakini bahwa hanya Allah Yang Maha Tahu perkara nyata maupun ghaib. Jika ada fihak selain Allah yang layak memberi tahu kita soal perkara ghaib seperti jadwal Kiamat, maka itu sepatutnya adalah Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam utusan Allah yang seringkali memang diberitahu Allah rahasia-rahasia perkara ghaib. Namun dalam hal ini kita tidak mendapati satu haditspun yang menjelaskan tanggal, bulan dan tahun kejadian hari Kiamat. Sikap mempercayai adanya fihak selain Allah yang mengetahui perkara ghaib bisa mengantarkan seseorang terjatuh kepada dosa syirik...! Sebab ia rela mengalihkan kepercayaannya dalam perkara ghaib kepada fihak selain Allah.

Kedua, filem 2012 ini ternyata berakhir dengan masih adanya segelintir manusia yang dapat survive atau bertahan hidup sesudah dahsyatnya peristiwa hari Kiamat. Padahal dalam keimanan Islam, kita diajarkan bahwa pada saat Malaikat Israfil meniup sangkakala pertama kali sebagai tanda Kiamat berlangsung, maka segenap makhluk bernyawa akan dimatikan Allah. Bukti bahwa semua dimatikan ialah bahwa kemudian Malaikat Israfil akan meniup sangkakala kedua kalinya sebagai pertanda berlangsungnya hari Berbangkit, yaitu hari dimana kembalilah roh-roh ke jasadnya masing-masing untuk hidup kembali.

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ
 إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَى فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

”Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).” (QS Az-Zumar ayat 68)
Artinya, kita dapat menyimpulkan bahwa ide di balik filem ini sungguh mengerikan, karena ia ingin mengajak penonton mengingkari adanya Kiamat dalam pengertian aqidah Islam. Islam mengajarkan bahwa hari Kiamat merupakan the day of total destruction of the whole universe by Allah the Al-Mighty Creator (hari penghancuran total alam semesta atas kehendak Pencipta Yang Maha Kuasa, Allah Subhanahu wa ta’ala). Hari Kiamat merupakan berakhirnya kehidupan fana dunia untuk selanjutnya akan hadir kehidupan abadi akhirat yang sangat berbeda dengan dunia fana ini.

Sedangkan Kiamat menurut produser filem peradaban Sistem Dajjal hanyalah sebuah proses evolusi perjalanan kehidupan manusia di dunia. Sehingga setelah berlangsungnya apocolypse masih ada segelintir manusia yang sanggup terus hidup melewati dahsyatnya hari kehancuran tersebut. Lalu tentunya akan ada sejenis kehidupan dan peradaban baru yang muncul di muka bumi. Selanjutnya, siapakah yang bakal memimpin dan berkuasa di dunia sesudah 2012?

Ketiga, jika kita buka situs www.whowillsurvive2012.com yang merupakan 2012 - Official Movie Site, maka bila Anda klik kotak berjudul ”The Experience”, maka Anda akan temukan salah satu kotak pilihan lagi dengan judul Vote For The Leader of the Post 2012 World (Pilihlah Pemimpin Dunia Paska 2012). Apakah gerangan maksudnya?

Saudaraku, sungguh saya khawatir bahwa gagasan mendasar di balik filem ini ialah keinginan produsernya untuk secara implisit mempromosikan kehadiran Sang Penyelamat Dunia Palsu yaitu Dajjal. Lalu Dajjal akan digambarkan sebagai Pemimpin dan Pelindung para survivors (orang-orang yang berhasil selamat melewati bencana 2012). Sungguh, mereka benar-benar berharap bahwa umat manusia akan memandang Dajjal sebagai figur pemilik surga dan neraka, alias dialah Tuhan. Barangsiapa mematuhinya dan merasa butuh kepadanya bakal diberikan surga kepadanya. Dan barangsiapa yang mengingkarinya dan merasa tidak butuh kepadanya bakal dimasukkan ke dalam neraka Dajjal. Sehingga Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda:
وَإِنَّ مِنْ فِتْنَتِهِ أَنَّ مَعَهُ جَنَّةً وَنَارًا فَنَارُهُ جَنَّةٌ وَجَنَّتُهُ نَارٌ
“Dan sesungguhnya di antara fitnahnya Dajjal memiliki surga dan neraka. Maka nerakanya adalah surga (Allah) dan surganya adalah neraka (Allah).” (HR Ibnu Majah)

Maka sudah tiba masanya bagi setiap muslim untuk mempersiapkan diri dan keluarganya dari fitnah yang paling dahsyat sepanjang zaman, yaitu fitnah Dajjal. Nabi Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam mengajarkan beberapa kiat untuk menyelamatkan diri dari fitnah Dajjal, di antaranya:

Pertama, bacalah doa permohonan perlindungan Allah pada saat duduk sholat tahiyyat terakhir dalam sebelum salam kanan dan kiri:

اللهم إني أعوذبك بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ
وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
"Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari azab jahannam,  dari azab kubur,  dari fitnah kehidupan dan kematian serta dari jahatnya fitnah Al-Masih Ad-Dajjal" (HR Muslim)

Kedua, bacalah surat Al-Kahfi di malam Jumat atau hari Jumat sesuai hadits berikut:
من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة فأدرك
 الدجال لم يسلط عليه ، - أو قال : لم يضره
“Barangsiapa membaca surah Al-Kahfi di hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa menguasainya atau memudharatkannya.” (HR Baihaqi)

Ketiga, hafalkan sepuluh ayat pertama surat Al-Kahfi sesuai hadits berikut:
مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ
"Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama surah Al-Kahfi, ia terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR Abu Dawud)

Keempat, menjauh dan tidak berkeinginan mendekati Dajjal pada masa kemunculannya telah tiba sesuai hadits berikut:
مَنْ سَمِعَ بِالدَّجَّالِ فَلْيَنْأَ عَنْهُ فَوَاللَّهِ إِنَّ الرَّجُلَ لَيَأْتِيهِ
وَهُوَ يَحْسِبُ أَنَّهُ مُؤْمِنٌ فَيَتَّبِعُهُ مِمَّا يَبْعَثُ بِهِ
 مِنْ الشُّبُهَاتِ أَوْ لِمَا يَبْعَثُ بِهِ مِنْ الشُّبُهَاتِ هَكَذَا قَال
"Barangsiapa mendengar tentang Dajjal, hendaknya ia berupaya menjauh darinya, sebab -demi Allah- sesungguhnya ada seseorang yang mendekatinya (Dajjal) sedang ia mengira bahwa Dajjal tersebut mukmin kemudian ia mengikutinya karena faktor syubhat (tipu daya) yang ditimbulkannya."  (HR Abu Dawud)

Kelima, menetap di Mekkah atau Madinah pada masa Dajjal telah keluar dan berkeliaran dengan segenap fitnah yang ditimbulkannya. Sebagaimana hadits berikut:
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلَّا سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ إِلَّا مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ وَلَيْسَ نَقْبٌ مِنْ أَنْقَابِهَا إِلَّا عَلَيْهِ الْمَلَائِكَةُ صَافِّينَ تَحْرُسُهَا
"Tidak ada negeri (di dunia) melainkan akan dipijak (dilanda/diintervensi) oleh Dajjal kecuali Mekah dan Madinah kerana setiap jalan dan lereng bukit dijagai oleh barisan Malaikat." (HR Bukhari-Muslim)

http://www.eramuslim.com/suara-langit/penetrasi-ideologi/promosi-dajjal-di-balik-film-2012.htm

Apa itu Mazhab? Apa Mazhab kita?

Apa itu Mazhab? Apa Mazhab kita? mana Mazhab terbaik? Kenapaorang indonesia banyak bermazhab syafii? Bolehkah mencampur adukan mazhab dalam ibadah? Nah... setelah beberapa posting ngulas masalah poligami, bisnis, facebook dan lainnya... ini saatnya kita kembali "ngaderes"....

Saya ambil penuh tetang mazhab ini dari situs Ustad Syarwat... Pengasuh rubrik tanya jawab di Eramuslim.com. Semoga bermanfaat...

 

Penjelasan Mazhab

Assalaamualaikum wr. wb. Ustadz, minta tolong dijelaskan pengertian mazhab, macam-macamnya, dan mengapa yang berkembang di Indonesia mahzab Syafi''i, dan yang membedakan masing-masing mahzab tersebut. Syukron Wassalaamualaikum wr. wb.

jawaban

Kata-kata mazhab merupakan sighat isim makan darifi''il madli zahaba. Zahaba artinya pergi; oleh karena itu mazhab artinya : tempat pergi atau jalan. Kata-kata yang semakna ialah : maslak, thariiqah dan sabiil yang kesemuanya berarti jalan atau cara. Demikian pengertian mazhab menurut bahasa.
Pengertian mazhab menurut istilah dalam kalangan umat Islam ialah : "Sejumlah dari fatwa-fatwa dan pendapat-pendapat seorang alim besar di dalam urusan agama, baik ibadah maupun lainnya."
Setiap mazhab punya guru dan tokoh-tokoh yang mengembangkannya. Biasanya mereka punya lembaga pendididikan yang mengajarkan ilmu-ilmu kepada ribuan muridnya. Berkembangnya suatu mazhan di sebuah wilayah sangat bergantung dari banyak hal. Salah satunya dari keberadaan pusat-pusat pengajaran mazhab itu sendiri.
Selain itu sedikit banyak dipengaruhi juga oleh mazhab yang dianut oleh penguasa, dimana penguasa biasanya mendirikan universitas keagamaan dan mengajarkan mazhab tertentu di dalamnya. Nanti para mahasiswa yang berdatangan dari berbagai penjuru dunia akan membuka perguruan tinggi dan akan menyebarkan mazhab trsebut di negeri masing-masing.
Bila pengelilaan perguruan itu berjalan baik dan berhasil, biasanya akan mempengaruhi ragam mazhab penduduk suatu negeri. Di Mesir misalnya, mazhab As-Syafi''i disana berhasil mengajarkan dan mendirikan perguruan tinggi, lalu punya banyakmurid diantaranya dair Indonesia. Maka di kemudian hari, mazhab As-Syafi;i pun berkembang banyak di Indonesia.
Sekilas tentang 4 Mazhab
1. Mazhab Hanafi
Pendiri mazhab Hanafi ialah : Nu''man bin Tsabit bin Zautha.Diahirkan pada masa sahabat, yaitu pada tahun 80 H = 699 M. Beliau wafat pada tahun 150 H bertepatan dengan lahirnya Imam Syafi''i R.A. Beliau lebih dikenal dengan sebutan : Abu Hanifah An Nu''man.
Abu Hanifah adalah seorang mujtahid yang ahli ibadah. Dalam bidang fiqh beliau belajar kepada Hammad bin Abu Sulaiman pada awal abad kedua hijriah dan banyak belajar pada ulama-ulama Ttabi''in, seperti Atha bin Abi Rabah dan Nafi'' Maula Ibnu Umar.
Mazhab Hanafi adalah sebagai nisbah dari nama imamnya, Abu Hanifah. Jadi mazhab Hanafi adalah nama dari kumpulan-kumpulan pendapat-pendapat yang berasal dari Imam Abu Hanifah dan murid-muridnya serta pendapat-pendapat yang berasal dari para pengganti mereka sebagai perincian dan perluasan pemikiran yang telah digariskan oleh mereka yang kesemuanya adalah hasil dari pada cara dan metode ijtihad ulama-ulama Irak (Ahlu Ra''yi). Maka disebut juga mazhab Ahlur Ra''yi masa Tsabi''it Tabi''in.
Dasar-dasar Mazhab Hanafi
Abu Hanifah dalam menetapkan hukum fiqh terdiri dari tujuh pokok, yaitu : Al Kitab, As Sunnah, Perkataan para Sahabat, Al Qiyas, Al Istihsan, Ijma'' dan Uruf.

Murid-murid Abu Hanifah adalah sebagai berikut :
a.Abu Yusuf bin Ibrahim Al Anshari (113-183 H)
b.Zufar bin Hujail bin Qais al Kufi (110-158 H)
c.Muhammad bin Hasn bin Farqad as Syaibani (132-189 H)
d.Hasan bin Ziyad Al Lu''lu Al Kufi Maulana Al Anshari (....-204 H).

Daerah-daerah Penganut Mazhab Hanafi
Mazhab Hanafi mulai tumbuh di Kufah (Irak),kemudian tersebar ke negara-negara Islam bagian Timur. Dan sekarang ini mazhab Hanafi merupakan mazhab resmi di Mesir, Turki, Syiria dan Libanon. Dan mazhab ini dianut sebagian besar penduduk Afganistan,Pakistan,Turkistan,Muslimin India dan Tiongkok.

2. Mazhab Maliki
Mazhab Maliki adalah merupakan kumpulan pendapat-pendapat yang berasal dari Imam Malik dan para penerusnya di masasesudah beliau meninggal dunia. Nama lengkap dari pendiri mazhab ini ialah : Malik bin Anas bin Abu Amir. Lahir pada tahun 93 M = 712 M di Madinah. Selanjutnya dalam kalangan umat Islam beliau lebih dikenal dengan sebutan Imam Malik. Imam Malik terkenal dengan imam dalam bidang hadis Rasulullah SAW.
Imam Malik belajar pada ulama-ulama Madinah. Yang menjadi guru pertamanya ialah Abdur Rahman bin Hurmuz. Beliau juga belajar kepada Nafi'' Maula Ibnu Umar dan Ibnu Syihab Az Zuhri. Adapun yang menjadi gurunya dalam bidang fiqh ialah Rabi''ah bin Abdur Rahman. Imam Malik adalah imam (tokoh) negeri Hijaz, bahkan tokohnya semua bidang fiqh dan hadits.
Dasar-dasar Mazhab Maliki
Dasar-dasar mazhab Maliki diperinci dan diperjelas sampai tujuh belas pokok(dasar) yaitu :

  • Nashul Kitab
  • Dzaahirul Kitab (umum)
  • Dalilul Kitab (mafhum mukhalafah)
  • Mafhum muwafaqah
  • Tanbihul Kitab, terhadap illat
  • Nash-nash Sunnah
  • Dzahirus Sunnah
  • Dalilus Sunnah
  • Mafhum Sunnah
  • Tanbihus Sunnah
  • Ijma''
  • Qiyas
  • Amalu Ahlil Madinah
  • Qaul Shahabi
  • Istihsan
  • Muraa''atul Khilaaf
  • Saddud Dzaraa''i.
Sahabat-sahabat Imam Maliki dan Pengembangan Mazhabnya
Di antara ulama-ulama Mesir yang berkunjung ke Medinah dan belajar pada Imam Malik ialah :

  1. Abu Muhammad Abdullah bin Wahab bin Muslim.
  2. Abu Abdillah Abdur Rahman bin Qasim al Utaqy.
  3. Asyhab bin Abdul Aziz al Qaisi.
  4. Abu Muhammad Abdullah bin Abdul Hakam.
  5. Asbagh bin Farj al Umawi.
  6. Muhammad bin Abdullah bin Abdul Hakam.
  7. Muhammad bin Ibrahim bin Ziyad al Iskandari.
Adapun ulama-ulama yang mengembangkan mazhab Maliki di Afrika dan Andalus ialah :
  1. Abu Abdillah Ziyad bin Abdur Rahman al Qurthubi.
  2. Isa bin Dinar al Andalusi.
  3. Yahya bin Yahya bin Katsir Al Laitsi.
  4. Abdul Malik bin Habib bin Sulaiman As Sulami.
  5. Abdul Hasan Ali bin Ziyad At Tunisi.
  6. Asad bin Furat.
  7. Abdus Salam bin Said At Tanukhi.
Sedang Fuqaha-fuqaha Malikiyah yang terkenal sesudah generasi tersebut di atas adalah sebagai berikut :
  1. Abdul Walid al Baji
  2. Abdul Hasan Al Lakhami
  3. Ibnu Rusyd Al Kabir
  4. Ibnu Rusyd Al Hafiz
  5. Ibnu ''Arabi
  6. Ibnul Qasim bin Jizzi
Daerah-daerah yang Menganut Mazhab Maliki.
Awal mulanya tersebar di daerah Medinah, kemudian tersebar sampai saat ini di Marokko, Aljazair, Tunisi, Libia, Bahrain, dan Kuwait.

3.Mazhab Syafi''i.
Mazhab ini dibangun oleh Al Imam Muhammad bin Idris Asy Syafi''i seorang keturunan Hasyim bin Abdul Muthalib. Beliau lahir di Guzah (Siria) tahun 150 H bersamaan dengan tahun wafatnya Imam Abu Hanifah yang menjadi Mazhab yang pertama.
Guru Imam Syafi''i yang pertama ialah Muslim bin Khalid, seorang Mufti di Mekah. Imam Syafi''i sanggup hafal Al Qur-an pada usia sembilan tahun. Setelah beliau hafal Al Qur-an barulah mempelajari bahasa dan syi''ir ; kemudian beliau mempelajari hadits dan fiqh.


Mazhab Syafi''i terdiri dari dua macam ; berdasarkan atas masa dan tempat beliau mukim. Yang pertama ialah Qaul Qadim; yaitu mazhab yang dibentuk sewaktu hidupdi Irak. Dan yang kedua ialah Qul Jadid; yaitu mazhab yang dibentuk sewaktu beliau hidup di Mesir pindah dari Irak.

Keistimewaan Imam Syafi''i dibanding dengan Imam Mujtahidin yaitu bahwa beliau merupakan peletak batu pertama ilmu Ushul Fiqh dengan kitabnya Ar Risaalah. Dan kitabnya dalam bidang fiqh yang menjadi induk dari mazhabnya ialah : Al-Um.
Dasar-dasar Mazhab Syafi''i
Dasar-dasar atau sumber hukum yang dipakai Imam Syafi''i dalam mengistinbat hukum sysra'' adalah :

  1. Al Kitab.
  2. Sunnah Mutawatirah.
  3. Al Ijma''.
  4. Khabar Ahad.
  5. Al Qiyas.
  6. Al Istishab.
Sahabat-sahabat beliau yang berasal dari Irak antara lain :
  1. Abu Tsaur Ibrahim bin Khalid bin Yaman al-Kalabi al-Bagdadi.
  2. Ahmad bin Hanbal yang menjadi Imam Mazhab keeempat.
  3. Hasan bin Muhammad bin Shabah Az Za''farani al-Bagdadi.
  4. Abu Ali Al Husain bin Ali Al Karabisi.
  5. Ahmad bin Yahya bin Abdul Aziz al Bagdadi.
Adapun sahabat beliau dari Mesir :
  1. Yusuf bin Yahya al Buwaithi al Misri.
  2. Abu Ibrahim Ismail bin Yahya al Muzani al Misri.
  3. Rabi'' bin Abdul Jabbar al Muradi.
  4. Harmalah bin Tahya bin Abdullah Attayibi
  5. Yunus bin Abdul A''la Asshodafi al Misri.
  6. Abu Bakar Muhammad bin Ahmad.
Daerah-daerah yang Menganut Mazhab Syafi''i
Mazhab Syafi''i sampai sekarang dianut oleh umat Islam di : Libia, Mesir, Indonesia, Pilipina, Malaysia, Somalia, Arabia Selatan, Palestina, Yordania, Libanon, Siria, Irak, Hijaz, Pakistan, India, Jazirah Indo China, Sunni-Rusia dan Yaman.

4. Mazhab Hambali.
Pendiri Mazhab Hambali ialah : Al Imam Abu Abdillah Ahmad bin Hanbal bin Hilal Azzdahili Assyaibani. Beliau lahir di Bagdad pada tahun 164 H. dan wafat tahun 241 H. Ahmad bin Hanbal adalah seorang imam yang banyak berkunjung ke berbagai negara untuk mencari ilmu pengetahuan, antara lain : Siria, Hijaz, Yaman, Kufah dan Basrsh. Dan beliau dapat menghimpun sejumlah 40.000 hadis dalam kitab Musnadnya.
Dasar-dasar Mazhabnya.
Adapun dasar-dasar mazhabnya dalam mengistinbatkan hukum adalah :

  1. Nash Al Qur-an atau nash hadits.
  2. Fatwa sebagian Sahabat.
  3. Pendapat sebagian Sahabat.
  4. Hadits Mursal atau Hadits Doif.
  5. Qiyas.
Dalam menjelaskan dasar-dasar fatwa Ahmad bin Hanbal ini didalam kitabnya I''laamul Muwaaqi''in.
Pengembang-pengembang Mazhabnya
Adapun ulama-ulama yang mengembangkan mazhab Ahmad bin Hanbal adalah sebagai berikut :

  1. Abu Bakar Ahmad bin Muhammad bin Hani yang terkenal dengan nama Al Atsram; dia telah mengarang Assunan Fil Fiqhi ''Alaa Mazhabi Ahamd.
  2. Ahmad bin Muhammad bin Hajjaj al Marwazi yang mengarang kitab As Sunan Bisyawaahidil Hadis.
  3. Ishaq bin Ibrahim yang terkenal dengan nama Ibnu Ruhawaih al Marwazi dan termasuk ashab Ahmad terbesar yang mengarang kitab As Sunan Fil Fiqhi.
Ada beberapa ulama yang mengikuti jejak langkah Imam Ahmad yang menyebarkan mazhab Hambali, diantaranya :
  1. Muwaquddin Ibnu Qudaamah al Maqdisi yang mengarang kitab Al Mughni.
  2. Syamsuddin Ibnu Qudaamah al Maqdisi pengarang Assyarhul Kabiir.
  3. Syaikhul Islam Taqiuddin Ahmad Ibnu Taimiyah pengarang kitab terkenal Al Fataawa.
  4. Ibnul Qaiyim al Jauziyah pengarang kitab I''laamul Muwaaqi''in dan Atturuqul Hukmiyyah fis Siyaasatis Syar''iyyah.Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qaiyim adalah dua tokoh yang membela dan mengembangkan mazhab Hambali.
Daerah yang Menganut Mazhab Hambali.
Awal perkembangannya, mazhab Hambali berkembang di Bagdad, Irak dan Mesir dalam waktu yang sangat lama. Pada abad XII mazhab Hambali berkembang terutama pada masa pemerintahan Raja Abdul Aziz As Su''udi. Dan masa sekarang ini menjadi mazhab resmi pemerintahan Saudi Arabia dan mempunyai penganut terbesar di seluruh Jazirah Arab, Palestina, Siria dan Irak.

Demikian sekilas sejarah dan penjelasan dari keempat mazhab yang terkenal.

http://www.ustsarwat.com/web/ust.php?id=1135661481&cari=abdul&tanya=answer

Sabtu, 14 November 2009

Benarkah Facebook Membuat Pelajar Bodoh

Facebook sebagai salah satu situs jejaring sosial yang paling digemari di dunia telah memikat hati para penggunanya. Tapi tahukah Anda Facebook memiliki dampak yang negatif terhadap pelajar? Hal ini didasarkan menurut studi yang dilakukan oleh Ohio State University.

Facebook memiliki berbagai macam layanan yang membuat penggunanya betah mengakses situs tersebut, hal inilah yang menyebabkan penggunannya tidak mau lepas darinya. Jadi semakin sering Anda menggunakan Facebook maka makin sedikit waktu yang dapat Anda luangkan untuk belajar maka berimbas pada nilai yang semakin buruk.

Studi yang dilakukan terhadap 219 Mahasiswa Ohio State University ini, hanya meneliti hubungan penggunaan Facebook dengan nilai yang didapatkan di sekolah.
Dengan menggunakan Facebook, penggunanya mempunyai rasa ketertarikan untuk selalu mengetahui status yang terjadi pada teman-temannya. Belum lagi aplikasi-aplikasi yang terdapat di dalam Facebook membuat pengguna terlena sehingga menyita waktu untuk belajar.
Untunglah bukan itu yang dilaporkan oleh peneliti Ohio State University. Namun disebutkan bahwa 65% mahasiswa setiap hari mengakses Facebook minimal satu kali dan menghabiskan setidaknya satu jam di laman tersebut. Yang menarik, 79% dari pengguna Facebook merasa bahwa menggunakan laman tersebut tidak mempengaruhi kualitas pekerjaan mereka. Namun yang terpengaruh adalah nilai ujian.
“Hal ini seperti perbedaan antara nilai A dan B,” ujar Aryn Karpinski seorang peneliti dari Ohio State kepada TeknologiNET.